Open AGEN / RESELLER di Kota Anda!!! Margin hingga 25%!

Apa Penyebab Kanker Usus?

Kanker usus disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal di area usus besar, kecil, buntu, atau bahkan anus. Gejala kanker usus muncul di sepanjang jaringan tipis di sepanjang usus dan biasanya didiagnosis dengan metode kolonoskopi.

Beberapa faktor risiko dari penyakit kanker usus adalah usia, sejarah keluarga, dan kebiasaan merokok. Obesitas dan jarang makan sayur atau buah pun terkadang disebutkan sebagai pemicu kanker usus.

Lantas apa tanda-tanda seseorang positif terkena kanker usus?

Ada Darah pada tinja

Ini adalah tanda utama pada kanker usus maupun kanker lainnya. Selain ada darah, biasanya tekstur tinja pada penderita kanker usus juga berubah menjadi lebih panjang dan tipis.

Anemia

Akibat terlalu banyak darah yang keluar melalui tinja, tubuh pun berisiko mengalami anemia. Penderita kanker usus yang mengalami anemia pun akhirnya merasa lebih lemas dan warna kulit tubuh berubah pucat.

Kelelahan

Wajar saja sebenarnya jika Anda kelelahan setelah beraktivitas. Tetapi jika rasa lelah itu disertai dengan gejala kanker usus yang lain, sebaiknya Anda waspada. Sebab seperti yang sudah disebutkan, lelah biasanya dipicu dari anemia.

Penurunan Berat Badan

Selain anemia dan kelelahan, penderita kanker usus juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Padahal penderita tidak sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan.

Masalah buang air besar

Diare, sembelit, atau yang lain adalah hal-hal yang membuat jadwal buang air besar bermasalah. Tetapi jangan sepelekan kondisi itu jika Anda mengalaminya disertai dengan gejala kanker usus yang lain.

Perut Tidak Nyaman

Tanda berikutnya seseorang positif terserang kanker usus adalah kerap merasakan nyeri, sakit, inflamasi, dan kembung di area perut. Sebab perasaan tidak nyaman tersebut diduga berasal dari sel kanker yang menginvasi tubuh.

Berat Badan Bertambah (Obesitas)

Untuk kasus orang yang obesitas, biasanya bagian perutnya membuncit ketika terserang kanker usus. Jadi sebelum terlambat, sebaiknya turunkan berat badan karena obesitas juga disebut sebagai salah satu faktor risiko kanker usus.

Itulah berbagai tanda positif dari serangan kanker usus. Jika belum yakin, segera hubungi dokter untuk mendengarkan diagnosis yang lebih pasti. Dilansir dari situs Merdeka.com 

Artikel lainnya: Berapa Banyak kafein Pada Secangkir kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *