Mengenal Kopi Organik

Wednesday, March 16th 2016. | Ilmu Kopi

kopi organik bebas pestisida lulus uji lab sucofindo

Apa Itu Kopi Organik?

Kopi organik merupakan kopi yang ditanam tanpa menggunakan pupuk sintetis atau pestisida diatas lahan yang cukup. Kopi tanpa bantuan dari setiap organisme hasil rekayasa genetika dan akhirnya diproses dan dikemas tanpa keterlibatan bahan kimia apapun.

Manfaat kesehatan Kopi Organik baik untuk kesehatan dalam arti karena tidak mengandung residu beracun. Misalnya pupuk sintetis maupun pestisida. Oleh karena itu zat berbahaya ini tidak dapat masuk ke dalam tubuh anda. Tidak seperti kasus kopi konvensional dimana terdapat bahan kimia beracun. Bukan berarti bahwa kopi organik dapat diminum dalam jumlah yang berlebihan.

Manfaat lainnya dari Organic Coffee berhubungan dengan lingkungan. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada bahan kimia dalam produksi pengolahan dan kemasan maka tidak mencemari lingkungan. Disamping itu juga tidak ada risiko hewan kecil seperti burung, tikus, atau tupai diracuni karena bahan kimia. Bagaimanapun kopi ini banyak membantu untuk melestarikan lingkungan biotik dan keseimbangan ekosistem.

Pengolahan kopi organik diproses menggunakan penggilingan kering atau basah. Penggilingan kering pada dasarnya berarti memisahkan biji dari buah kopi. Pengeringan ini sekali lagi dilakukan dengan mesin pengering atau matahari. Penggilingan basah memerlukan proses yang panjang dan tidak ramah lingkungan karena menggunakan banyak air untuk mencuci. Kecuali diterapkan untuk biji kopi, dimana tidak ada bahan kimia yang terlibat. Lagipula itu adalah salah satu cara untuk menghasilkan biji kopi berkualitas dan perusahaan besar sering menggunakan metode ini.

Sangrai disebut juga (Pemanggangan) atau roaster kopi organik yang digunakan untuk menyortir, memanggang, menstabilkan, dan kemasan. Roaster kopi organikharus memastikan tidak ada garam kimia, gas, atau aditif ditambahkan dalam tahap ini untuk mempengaruhi rasa dan aroma.

Membudayakan Petani Lokal. Biasanya banyak petani Indonesia masih menggunakan cara tradisional untuk berkebun. Cara tradisional memang semakin tergusur oleh teknologi demi menutupi kebutuhan produksi kopi. Dengan semakin sering memilih kopi organik tentu petani tradisional lebih mendapatkan pemasukan dan lebih berkembang. Jadi secara tak langsung akan meningkatkan perekonomian.

Incoming search terms:

  • arti residu pupuk
  • daftar pupuk kimia yg bersertifikat
  • kopi organik tanpa pengawet
  • manfaat kopi untuk pestisida
  • nama zat residu kopi
  • residu pupuk kimia
  • uji lab kopi organik
tags: , , ,

Related For Mengenal Kopi Organik