Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi?

Monday, March 5th 2018. | Ilmu Kopi

Kopi merupakan sumber makanan yang mengandung kafein terbesar. Anda bisa mendapatkan sekitar 95 mg kafein dari secangkir kopi. Namun berapa banyak kafein, jumlah ini bervariasi antara jenis minuman kopi yang berbeda, dan bisa berkisar dari hampir nol sampai lebih dari 500 mg. Ini adalah panduan untuk kandungan kafein dari berbagai jenis dan merek kopi yang kita jumpai.

Faktor apa yang mempengaruhi kandungan kafein?

Kandungan kopi kafein bergantung pada banyak faktor, seperti:

  • Jenis biji kopi: Ada banyak jenis biji kopi yang tersedia, yang secara alami mengandung jumlah kafein yang berbeda.
  • Cara panggang: Daging panggang yang lebih ringan memiliki lebih banyak kafein daripada daging panggang yang lebih gelap, meskipun daging panggang yang lebih gelap memiliki rasa lebih mantap dan nikmat.
  • Jenis kopi: Kandungan kafein dapat bervariasi secara signifikan antara kopi yang disantap secara teratur, espresso, kopi instan dan kopi tanpa kafein.
  • Ukuran porsi: Secangkir kopi berkisar antara 30-700 ml (1-24 oz), sangat mempengaruhi kandungan kafein total.

Kandungan kafein dipengaruhi oleh jenis biji kopi, cara panggang, bagaimana kopi disiapkan dan ukuran porsi.

Berapa Banyak Kafein Ada Pada Secangkir Kopi?

Minuman kopi dengan diseduh adalah cara paling umum untuk membuat kopi di AS dan Eropa. Cara ini juga dikenal sebagai cara yang biasa, kopi diseduh dibuat dengan menuangkan air panas atau mendidih diatas biji kopi bubuk, yang biasanya menggunakan media saringan. Satu cangkir kopi yang diseduh mengandung sekitar 70-140 mg kafein, atau sekitar 95 mg rata-rata. Berikut ini merupakan macam penyajian / olahan dalam secangkir kopi:

Espresso

Espresso dibuat dengan memaksa sejumlah kecil air panas, atau uap, melalui biji kopi bubuk halus. Meskipun espresso memiliki lebih banyak kafein per volume daripada kopi biasa, biasanya mengandung kurang per porsi, karena porsi espresso cenderung kecil. Satu tembakan espresso umumnya sekitar 30-50 ml (1-1,75 oz), dan mengandung sekitar 63 mg kafein. Sebuah tembakan ganda espresso mengandung 125 mg kafein.

Minuman Berbasis Espresso

Banyak minuman kopi yang populer terbuat dari espresso yang dicampur dengan berbagai jenis dan jumlah susu. Ini termasuk latte, cappuccino, macchiatos dan Americanos. Karena susu tidak mengandung kafein tambahan, minuman ini mengandung jumlah kafein yang sama dengan espresso lurus. Satu (kecil) mengandung sekitar 63 mg kafein rata-rata, dan dua kali (besar) mengandung sekitar 125 mg.

Kopi instan

Kopi instan dibuat dari kopi seduh yang sudah dikeringkan atau dikeringkan. Biasanya potongan besar dan kering, yang larut dalam air. Untuk menyiapkan kopi instan, cukup campurkan satu atau dua sendok kopi kering dengan air panas. Tidak perlu penambahan apapun. Kopi instan biasanya mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi biasa, dengan satu cangkir mengandung kira-kira 30-90 mg.

Kopi tanpa kafein

Meski namanya bisa menipu, kopi tanpa kafein tidak sepenuhnya bebas kafein. Ini mungkin mengandung jumlah kafein yang bervariasi, berkisar antara 0-7 mg per cangkir, dengan cangkir rata-rata  mengandung 3 mg. Namun, beberapa varietas mungkin mengandung jumlah kafein dalam jumlah yang lebih tinggi, tergantung pada jenis kopi, metode penyajian dan ukuran cup.

Kandungan kafein rata-rata secangkir kopi 8-oz, diseduh adalah 95 mg. Minuman espresso atau espresso berbasis espresso mengandung 63 mg, dan kopi tanpa kafein mengandung sekitar 3 mg kafein (rata-rata).

Terkait : kopi enema – kopi organik – terapi kopi  – kopi robusta – kopi hijau – kopi enema light roasted – kopi dark roasted – kopi gold roast – KOPI ENEMA – kopi medium roast – HealthyCaff kopi organik – kopi hijau – peluang usaha kopi – reseller kopi – agen kopi organik – HealthyCaff

 

tags: , , ,

Related For Berapa Banyak Kafein dalam Secangkir Kopi?