Dosis Kopi Yang Aman Untuk Minuman Harian

Wednesday, April 19th 2017. | Ilmu Kopi, Manfaat Kopi

Dosis Kopi Yang Aman Untuk Minuman Harian

Bisakah Anda Minum Terlalu Banyak? Dosis Kopi Yang Aman

Bingung berapa banyak yang perlu Anda minum untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan dan berapa banyak kafein dari kopi yang masuk kategori ‘terlalu banyak’?

Jumlah moderat‘ untuk orang dewasa sehat maksimal 500 miligram kafein per hari, yaitu sekitar lima cangkir kopi rumahan atau sedikit lebih dari satu kopi Starbucks grande (yang memiliki sekitar 360 miligram per cangkir).

Bagi wanita hamil, jumlahnya lebih sedikit – sekitar 200 miligram setiap hari atau kurang (tapi banyak wanita hamil masih memilih untuk tidak minum sama sekali). Sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan minum antara satu dan dua cangkir sehari secara ideal, yang tidak terkait dengan reaksi negatif namun tampaknya bermanfaat bagi kebanyakan orang.

6 Manfaat Kesehatan Dari Kopi

  1. Sumber Antioksidan Tinggi
    Agak mengherankan, banyak praktisi perawatan kesehatan sekarang merekomendasikan minum kopi dan menganggapnya sebagai “kesenangan yang tidak baik” padahal sebenarnya Anda tidak perlu merasa “tidak baik“. Itu karena beberapa sumber menunjukkan bahwa kopi merupakan minuman anti penuaan alami, dengan aktivitas antioksidan berpotensi lebih banyak daripada kakao atau bahkan beberapa bentuk daun teh.
    Bagaimana tingkat antioksidan dalam kopi dibandingkan minuman sehat lainnya? Penelitian menunjukkan bahwa secangkir kopi rata-rata bahkan mengandung lebih banyak antioksidan polifenol daripada kakao, teh hijau, teh hitam dan teh herbal. Bagi banyak orang, persediaan kopi sebanyak 70% dari jumlah antioksidan penting dalam makanan sehari-hari mereka. Sementara, tentu saja, Anda harus meningkatkan asupan antioksidan dari keseluruhan makanan seperti sayuran dan buah, kopi mungkin merupakan tambahan bagus jika Anda mentolerirnya dengan baik.
    Kopi efektif dalam memerangi kerusakan radikal bebas karena meningkatkan antioksidan dalam darah – apa yang para ilmuwan sebut sebagai “kapasitas antioksidan plasma“. Dua dari antioksidan utama yang bertanggung jawab atas manfaat kesehatan kopi adalah asam chlorogenic dan asam caffeic. Keduanya dianggap sebagai antioksidan kuat, dan biji kopi merupakan sumber makanan terkaya di dunia.
    Diperkirakan bahwa peminum kopi mungkin mengkonsumsi sebanyak 1gr asam chlorogenic dan 500mg asam caffeic setiap hari, sementara yang bukan peminum kopi tidak mendapatkan sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Kopi juga mengandung antioksidan seperti polifenol, yang sejenisnya juga ditemukan pada anggur merah dan coklat. Ini mungkin mengaitkan kekebalan yang lebih tinggi, menurunkan tingkat stres oksidatif dan berpotensi meningkatkan pencegahan penyakit.
    Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, diyakini bahwa efek anti-inflamasi kopi bisa meluas. Sebagai makanan anti-inflamasi, menurunkan stres oksidatif karena kemampuannya menginduksi mRNA dan ekspresi protein. Kafein yang ditemukan di kopi juga memiliki dampak pada metabolit dan fraksi lipid yang bertindak sebagai pelindung terhadap beberapa sel ganas dengan memodulasi enzim detoksifikasi tertentu. Ini berarti kopi berpotensi menjadi pelindung terhadap kanker selain gangguan otak dan penyakit jantung.

    Kunjungi juga Alkes Medika Malang untuk alat kesehatan guna menjaga kesehatan.

  2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mencegah Penyakit Kardiovaskular
    Kopi yang tidak disaring merupakan sumber penting antioksidan cafestol dan kahweol, yang merupakan senyawa diterpene yang telah terlibat dalam efek penyeimbang kolesterol dari kopi. Konsumsi kopi kebiasaan dalam studi epidemiologi besar dikaitkan dengan penurunan angka kematian, baik untuk semua penyebab dan kematian kardiovaskular.
    Selain itu, asupan kopi dikaitkan dengan rendahnya risiko gagal jantung dan stroke. Anehnya, kopi bahkan dikaitkan dengan netral untuk mengurangi risiko aritmia jantung meskipun banyak orang merasakannya meningkatkan detak jantung mereka dan membuat mereka merasa “gelisah.”
  3. Membantu Melestarikan Fungsi Otak dan Mencegah Penurunan Kognitif
    Suka minum kopi? Ini berita bagus untuk Anda : Bagi peminum kopi, menjadi tua tidak berarti Anda kehilangan akal sehat. Beberapa bukti menunjukkan bahwa antioksidan yang menguntungkan pada kopi dapat membantu melindungi terhadap penyakit Parkinson, kelainan neurologis yang tidak dapat disembuhkan, serta mencegah demensia dan bertindak sebagai pengobatan penyakit Alzheimer alami. Kopi bahkan mungkin memiliki kualitas perlindungan terhadap depresi pada beberapa orang.
    Dalam penelitian hewan, tikus yang diberi kafein dalam air minum mereka dari usia dewasa muda ke usia yang lebih tua menunjukkan perlindungan terhadap gangguan memori dan tingkat protein otak abnormal yang lebih rendah (amyloid-beta atau Abeta) dianggap penting bagi perkembangan penderita Alzheimer. Tikus kognitif “Usia Lanjut” menunjukkan restorasi memori dan tingkat Abeta otak bawah setelah hanya satu sampai dua bulan pengobatan kafein.
    Peneliti percaya bahwa manfaat kognitif dari pemberian kafein adalah karena kafein itu sendiri, dan bukan metabolit kafein, jadi ini berarti kopi “tanpa kafein” tidak begitu bermanfaat. Kafein tampaknya menyediakan efek modifikasi penyakit otak melalui banyak mekanisme, termasuk pengurangan langsung produksi Abeta, yang diperkirakan terjadi melalui perubahan aktivitas otak (penekanan tingkat beta dan beta-gamma). Antioksidan kopi juga menurunkan peradangan, stres oksidatif dan dapat meningkatkan aktivitas fisik pada beberapa orang, yang juga penting untuk kesehatan otak yang sedang berlangsung.
  4. Mungkin Membantu Mencegah Diabetes
    Jika Anda ingin membalikkan diabetes secara alami, selain menghindari minuman bergula dan minum banyak air, kopi mungkin merupakan minuman terbaik berikutnya untuk Anda. Kopi juga mendapat nilai buruk dari gerakan diet rendah karbohidrat untuk sementara waktu karena kekhawatiran apakah ini meningkatkan tekanan darah dan kadar insulin. Jawaban yang pasti mengenai hal ini belum jelas, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi sebenarnya memiliki hubungan terbalik dengan penanda gula insulin dan gula darah, yang berarti hal itu mungkin memiliki efek positif dan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 daripada membesarkannya.
    Ada banyak bukti bahwa minum kopi (enam atau lebih cangkir sehari) secara signifikan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2, namun hal itu bahkan kurang bermanfaat. Menurut Nurse’s Health Study, dua atau tiga cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan kejadian diabetes tipe 2 dan juga mengurangi pembentukan batu empedu.
    Dipercaya bahwa asam chlorogenic, antioksidan yang sama yang memberikan manfaat pengurangan kanker, juga bisa mengurangi penyerapan glukosa dari makanan bergula atau makanan berkarbohidrat tinggi. Hal ini bisa memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah setelah makan dan bermanfaat untuk mencegah resistensi insulin, namun saat ini masih diperlukan penelitian lagi untuk membuktikannya. Masalahnya, kafein sebenarnya bisa melawan beberapa efek penurun gula darah, jadi itu berarti kopi tanpa kafein bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk penderita diabetes dan yang lainnya bertugas untuk meningkatkan gula darah.
    Seperti yang kita bahas, penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi kopi kronis dapat meningkatkan gula darah sedikit, walaupun kita tidak benar-benar tahu apa artinya diabetes atau risiko kenaikan berat badan.

    Baca juga : Enema Kopi membantu menurunkan berat badan dan detox liver.

  5. Meningkatkan Performa Fisik dan Daya Tahan
    Banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan kinerja mental dan fisik dalam jangka pendek. Sedikit peningkatan gula darah dari kopi berkafein sebenarnya berpotensi baik bagi atlet yang membutuhkan gula darah untuk naik guna menggerakkan otot mereka sebelum aktivitas fisik. Menurut penelitian, kafein tidak memperbaiki kapasitas oksigen maksimal secara langsung namun memungkinkan atlet untuk melatih pada output daya yang lebih besar dan/atau untuk berlatih lebih lama. Telah ditunjukkan untuk meningkatkan kecepatan dan/atau output daya dalam kondisi dan aktivitas simulasi yang berlangsung sekecil 60 detik atau selama dua jam.
    Kafein adalah bantuan ergogenik yang banyak digunakan sebelum dan selama latihan yang berkepanjangan. Inilah salah satu alasan mengapa banyak atlit ketahanan dan penggemar kebugaran suka minum kopi sebelum ke gym atau berkompetisi, karena ini dikenal sebagai enhancer kinerja dan kontributor konsentrasi dan stamina yang lebih tinggi. Faktanya, satu laporan 2013 yang diterbitkan oleh School of Sport and Exercise Science di University of Birmingham menemukan bahwa waktu kinerja atletik secara signifikan lebih cepat di antara pria dewasa yang minum minuman kafein dan kopi sebelum berolahraga dibandingkan dengan kelompok plasebo dan kelompok tanpa kafein. Kekuatan rata-rata yang disarankan oleh pria minum kafein juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelompok plasebo dan kelompok minum tanpa kafein.6. Membantu
  6. Melindungi Kesehatan Hati
    Beberapa penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki penurunan risiko tes fungsi hati abnormal. Sebuah studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa kopi dapat melindungi terhadap penyakit hati alkoholik. Untuk setiap satu cangkir kopi sehari (sampai empat kali sehari), penelitian tersebut menunjukkan penurunan 20% pada sindrom hati alkoholik.

Sumber : Dr Axe

tags: , ,

Related For Dosis Kopi Yang Aman Untuk Minuman Harian