10 Perbedaan Kopi Robusta vs Kopi Arabika | Belajar Ilmu Kopi

Tuesday, September 15th 2015. | Ilmu Kopi

perbedaan kopi arabaika vs kopi robusta di malang jawa sumatra kopi robusta vs kopi arabika

Perbedaan Antara Kopi Robusta vs Kopi Arabika

Ada lebih dari 100 spesies kopi, namun ada dua yang utama yang banyak diproduksi dan dijual adalah : arabika (coffea arabica) dan robusta (coffea robusta).

Berikut daftar 10 perbedaan antara kedua spesies kopi.

Kopi robusta vs Kopi arabika

  1. Yang paling umum dikenal : Taste. Robusta sering disebut memiliki rasa yang digambarkan seperti ban dibakar atau karet, yang terdengar menjijikkan.
  2. Salah satu alasan bahwa rasa tidak baik untuk robusta adalah bahwa ia memiliki lebih banyak kafein dibandingkan dengan arabika. Yang mungkin terdengar seperti hal yang positif tetapi kafein membawa rasa pahit yang membuatnya menjadi minuman menyenangkan. Bahkan biji robusta memiliki 2,7% kandungan kafein, hampir dua kali lipat dari arabika yang hanya 1,5%.
  3. Lipid & Gula konten : Seperti disebutkan di sini, arabika mengandung hampir 60% lebih lipid dan dua kali lebih banyak terkandung konsentrasi gula dari pada robusta. Faktor ini juga mungkin memiliki dampak besar pada mengapa kita lebih suka rasa arabika.
  4. Dari perspektif harga, biji dari robusta adalah sekitar setengah harga dari biji arabika di pasar komoditas.
  5. Robusta cenderung lebih mudah dari bidang pertanian, memiliki hasil yang lebih tinggi dan tidak terlalu sensitif terhadap serangga. Ekstra kafein yang merupakan zat kimia alami benih kopi ropbusta menjadi pertahanan robusta sekaligus racun bagi serangga.
    Semua faktor ini membantu meningkatkan pasokan dan menurunkan biaya perawatan bagi petani untuk produksi. Dengan ini titik harga kopi lebih menarik, banyak roasters bisa kembali pada hari dimana mereka menambah robusta untuk campuran dalam upaya untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan. Ketika di tahun 1900-an kopi awalnya dijual dengan kualitas kopi semakin lama semakin memburuk dalam upaya bagi perusahaan untuk memeras keuntungan maksimal.
  6. Di mana anda menemukannya? Saat ini, tidak terlalu sering anda akan menemukan robusta dalam campuran kopi. Minuman kopi instan? Nah, itu mungkin semua robusta. Tapi anda mungkin tidak terlalu peduli tentang rasa. Dalam espresso rasa berbaur? Itu campuran kantong kopi. Anehnya, robusta masih banyak digunakan sebagai bagian dari campuran espresso – khususnya campuran gaya Italia. Disebut sebut untuk membantu meningkatkan Crema.
    Satu hal yang perlu diperhatikan adalah meskipun perbedaan terkesan arabika seperti memiliki kualitas yang lebih tinggi, dan robusta sebagai kualitas yang lebih rendah, hal itu tidak selalu terjadi. Kopi robusta kualitas terbaik biasanya akan terasa baik atau bahkan lebih baik dari kopi arabika kualitas yang umum. Namun, robusta dengan kualitas premium tidak banyak tersedia. (klik disini untuk kopi robusta kualitas premium)
  7. Bentuk : biji robusta jauh lebih melingkar, sedangkan arabika lebih oval.
  8. Tanaman Tinggi: arabika biasanya tumbuh antara 2,5 meter – 4,5 meter sedangkan tinggi robusta sekitar 4,5 meter – 6 meter.
  9. Asam klorogenik konten (CGA) : sebenarnya ini merupakan bagian dari kopi. Ini adalah antioksidan yang signifikan dan pencegah serangga. Robusta memiliki 7% – 10% CGA dan arabika memiliki 5,5% – 8% CGA.
  10. Budidaya : Sekitar 75% dari produksi kopi dunia adalah arabika, sekitar 25% menjadi Robusta. Brasil adalah produsen arabika yang paling signifikan dan Vietnam menghasilkan paling banyak robusta.

Incoming search terms:

  • Ilmu kopi
  • ilmu tentang kopi
  • belajar mengenai kopi
  • perbedaan kopi hijau arabica dan robusta
  • bagaimana membedakan kopi kualitas bagus dan rendah
  • kopi robusta
  • jual kopi arabika & robusta instan
  • belajar ilmu kopi
  • campuran kopi robusta
  • mencampur kopi arabika dan robusta
tags: ,

Related For 10 Perbedaan Kopi Robusta vs Kopi Arabika | Belajar Ilmu Kopi