Kopi tanpa kafein baik atau buruk?

Thursday, March 8th 2018. | Ilmu Kopi, Manfaat Kopi

Kopi tanpa kafein baik atau buruk?

Kopi tanpa kafein baik atau buruk?

Salah satu minuman paling populer di dunia adalah kopi. Banyak orang menikmati minum kopi, namun banyak juga yang ingin membatasi asupan kafeinnya karena beberapa alasan. Bagi orang-orang ini, kopi tanpa kafein merupakan alternatif yang sangat baik. Kopi tanpa kafein sama seperti kopi biasa, kecuali kafein telah dilepas. Artikel ini membahas tentang kopi tanpa kafein dan efek kesehatannya, baik dan buruk.

Kunjungi juga KopiOrganik.co.id untuk informasi tentang Kopi Organik Indonesia.

Apa itu Kopi Tanpa Kafein dan Bagaimana Cara Pembuatannya?

Decaf adalah istilah dari kopi tanpa kafein. Ini adalah kopi dari biji kopi yang setidaknya memiliki 97% kafein mereka dikeluarkan. Ada banyak cara untuk menghilangkan kafein dari biji kopi. Sebagian besar meliputi air, pelarut organik atau karbondioksida. Biji kopi dicuci dalam pelarut sampai kafein diekstraksi ke dalamnya, kemudian pelarutnya dikeluarkan. Kacangnya tanpa kafein sebelum dipanggang dan ditumbuk. Nilai gizi kopi tanpa kafein hampir identik dengan kopi biasa, terlepas dari kandungan kafein. Namun, rasa dan bau bisa menjadi sedikit lebih ringan dan warnanya bisa berubah, tergantung metode yang digunakan. Hal ini bisa membuat kopi tanpa kafein lebih enak dinikmati orang-orang yang peka terhadap rasa pahit dan aroma kopi biasa.

Berapa Kandungan Kafein di Kopi Decaf?

Jika kita meminum kopi dengan embel-embel tanpa kafein tidak sepenuhnya bebas kafein. Ini sebenarnya mengandung jumlah kafein yang bervariasi, biasanya sekitar 3 mg per cangkir. Satu studi menemukan bahwa setiap cangkir (6 oz atau 180 ml) kopi tanpa kafein mengandung 0-7 mg kafein. Di sisi lain, secangkir kopi biasa mengandung sekitar 70-140 mg kafein, tergantung pada jenis kopi, metode preparasi dan ukuran cup. Jadi, meski kopi tanpa kafein tidak sepenuhnya bebas kafein, jumlah kafein biasanya sangat kecil. Namun, ini jauh lebih kecil dari jumlah kafein pada kopi biasa.”

Kopi Decaf Penuh dengan Antioksidan dan Mengandung Nutrisi

Decaf biasanya mengandung antioksidan dalam jumlah yang sama seperti kopi biasa, meski mungkin jumlahnya mencapai 15% lebih rendah. Perbedaan ini kemungkinan besar disebabkan oleh hilangnya sedikit antioksidan selama proses decafisasi. Antioksidan utama dalam kopi biasa dan kopi tanpa kafein adalah asam hidrokinamik dan polifenol. Antioksidan sangat efektif dalam menetralisir senyawa reaktif yang disebut radikal bebas. Hal ini mengurangi kerusakan oksidatif, dan dapat membantu mencegah penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2. Selain antioksidan, kopi tanpa kafein juga mengandung sedikit nutrisi. Satu cangkir kopi tanpa kafein diseduh menyediakan 2,4% dari asupan magnesium harian yang direkomendasikan, 4,8% kalium dan 2,5% niasin, atau vitamin B3. Ini mungkin tidak seperti banyak nutrisi, tapi jumlahnya bertambah cepat jika Anda minum 2-3 (atau lebih) cangkir kopi per hari.

Kopi tanpa kafein mengandung jumlah antioksidan yang sama seperti kopi biasa. Ini termasuk terutama asam chlorogenic dan polifenol lainnya. Kopi tanpa kafein juga mengandung sedikit nutrisi.

Manfaat Kesehatan Kopi Decaf

Sebenarnya kopi itu sebagian besar baik untuk Anda. Hal ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, yang terutama disebabkan oleh kandungan antioksidan dan zat aktif lainnya. Namun, efek kesehatan spesifik dari kopi tanpa kafein bisa sulit ditentukan. Ini karena kebanyakan penelitian menilai asupan kopi tanpa membedakan antara kopi biasa dan kopi tanpa kafein, dan beberapa bahkan tidak termasuk kopi tanpa kafein. Selain itu, sebagian besar penelitian ini bersifat observasional. Mereka tidak bisa membuktikan bahwa kopi menyebabkan manfaatnya, hanya saja minum kopi dikaitkan dengan mereka.

Diabetes Tipe 2, Fungsi Hati dan Kematian Prematur

Minum kopi, baik reguler maupun tanpa kafein, dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Setiap cangkir harian bisa mengurangi risikonya sampai 7%. Ini menunjukkan bahwa unsur selain kafein mungkin bertanggung jawab atas efek perlindungan ini. Efek kopi kopi tanpa kafein pada fungsi hati tidak begitu dipelajari seperti kopi biasa. Namun, satu penelitian observasional besar terkait kopi tanpa kafein dengan kadar enzim hati berkurang, yang menunjukkan efek perlindungan. Minum kopi tanpa kafein juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini yang kecil namun signifikan, serta kematian akibat.

Penyakit Penuaan dan Neurodegeneratif

Studi sel manusia juga menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein dapat melindungi neuron di otak. Ini bisa membantu mencegah perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Satu studi menunjukkan bahwa ini mungkin disebabkan oleh asam chlorogenic dalam kopi, bukan kafein. Namun, kafein itu sendiri juga dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit neurodegeneratif. Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi biasa memiliki risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson yang lebih rendah, namun diperlukan lebih banyak penelitian tentang kopi tanpa kafein.

Kopi Biasa Memiliki Beberapa Kelebihan Daripada Kopi Decaf

Pada kopi biasa mungkin paling dikenal karena efek stimulannya. Ini meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi perasaan lelah. Efek ini terkait langsung dengan stimulan kafein, yang ditemukan secara alami dalam kopi. Beberapa efek menguntungkan dari kopi biasa secara langsung dikaitkan dengan kafein, sehingga kopi tanpa kafein seharusnya tidak memiliki efek ini.

Berikut beberapa manfaat yang mungkin hanya berlaku untuk kopi biasa, bukan kopi tanpa kafein:

  • Peningkatan mood, waktu reaksi, memori dan fungsi mental.
  • Meningkatnya tingkat metabolisme dan pembakaran lemak.
  • Performa atletik yang dapat ditingkatkan.
  • Mengurangi risiko depresi ringan dan pikiran untuk bunuh diri pada wanita.
  • Semakin rendah risiko sirosis hati atau kerusakan hati stadium akhir.

Namun, perlu disebutkan lagi bahwa manfaat dari kopi biasa jauh lebih luas daripada manfaat dari kopi tanpa kafein.

Kopi biasa memberikan banyak manfaat kesehatan sedangkan untuk kopi tanpa kafein belum tentu memiliki banyak manfaat seperti halnya pada kopi biasa.

 

tags: , ,

Related For Kopi tanpa kafein baik atau buruk?